Forklift Mitsubishi Berkualitas

Mana yang Lebih Baik? Beli Forklift Mitsubishi Baru atau Bekas?

Deskripsi Mana yang Lebih Baik? Beli Forklift Mitsubishi Baru atau Bekas?

Sebelum kita masuk pada penjelasan manfaat beli forklift baru dan bekas, akan lebih baik jika kita mengetahui lebih dahulu, pertimbangan apa saja yang harus Anda pikirkan sebelum memutuskan untuk membeli forklift Mitsubishi baik yang kondisinya baru ataupun bekas.

Faktor-faktor utama sebagai pertimbangan saat harus memilih forklift baru atau bekas

Sama seperti membeli kendaraan bermotor, ada banyak faktor yang perlu kita pertimbangkan. Sangat penting untuk melakukan riset dan membandingkan antara brand satu dengan brand lainnya. Begitu pula dengan model alat berat yang kita cari. Wijaya Equipments merangkum elemen apa saja yang harus dipertimbangkan seperti di bawah ini

  1. Dari segi harga
    Harga menjadi pertimbangan penting dalam memilih forklift Mitsubishi baru atau bekas. Jika Anda membeli forklift baru, harganya bisa mencapai ratusan juta bergantung dari merk dan tipenya. Spesifikasi sangat menentukan harga. Mistubishi forklift 5 ton tentunya lebih mahal dari yang kapasitasnya 3 ton.

    Tetapi forklift Mitsubishi bekas 5 ton akan jauh lebih murah daripada kondisi baru. Harganya bisa terpaut 30 sampai 50 persen. Meski begitu, forklift Mitsubishi bekas harus benar-benar dicek kondisinya karena bisa-bisa malah mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan dan pemeliharan. Kembali ke kebutuhan gudang Anda. Jika pemakaian forklift hanya sebatas 3 jam dalam 1 minggu – maka forklift bekas sangat disarankan.
  2. Dari segi efisiensi
    Membeli forklift terbaru bisa menguntungkan karena Anda membeli teknologi terkini yang bisa sangat fungsional untuk kebutuhan gudang Anda. Selain itu, forklift yang baru dapat bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama disertai garansi 1 sampai 2 tahun. Sedangkan forklift bekas mungkin tidak bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama seperti forklift baru.
  3. Dari segi kebutuhan warehouse
    Bagaimana Anda akan mengoptimalkan kegunaan forklift menjadi pertimbangan penting. Tidak peduli ini adalah forklift ke 12 atau forklift pertama yang Anda miliki. Pekerjaan seperti apa yang akan dilakukan oleh forklift ini? Secara umum, forklift dipakai untuk empat fungsi berikut:
  • Order picker
    Order picker memungkinkan operator untuk menumpuk barang antara ketinggian 8 sampai 11 kaki. Biasanya digunakan di dalam ruangan dengan permukaan lantai yang rata.
  • Pallet jack
    Sesuai dengan Namanya. Pallet jacks membantu operator untuk mengangkat dan memindahkan palet di area pergudangan. Pallet jack lebih murah dibandingkan sit down riders dan hanya mampu mengangkat barang 7 inch dari permukaan lantai
  • Reach truck
    Reach truck memiliki fitur ketinggian dan kapasitas mengangkat yang lebih besar bila dibandingkan dengan pallet jacks. Biasanya ketinggian yang bisa dicapai melebih 30 kaki.
  • Sit down riders
    Sit down riders adalah tipe yang populer dan banyak dicari karena kapasitasnya yang tinggi baik dari segi ketinggian maupun berat. Ada banyak model sit down riders yang ada di pasaran, baik yang 3 roda maupn 4 roda. Ada pula berbagai pilihan bahan bakar mulai dari gas, solar, propan maupun gas alam.

Seberapa besar biaya yang bersedia Anda keluarkan untuk perawatannya?

Dari sini, Anda sudah memikirkan tipe dan kegunaan forklift. Setelah itu, Anda perlu mempertimbangkan harga yang ada berdasarkan tipe-tipe tersebut.

Selain memikirkan untuk kegunaan saat ini, pastikan Anda juga memikirkan kebutuhan di masa mendatang dengan peralatan berat yang Anda miliki, termasuk forklift. Setelah mendapatkan gambaran mengenai kriterianya, anda dapat lebih mudah menyempitkan pilihan dan mengambil keputusan.

Jika dijabarkan lebih lanjut, maka inilah pro dan kontra dalam membeli forklift baru maupun bekas

Pro dan Kontra beli forklift Mitsubishi baru

Pro:

  • Harganya mahal
    Alat berat keluaran terbaru memakai teknologi terbaru juga. Di pasaran, mungkin forklift ini masih belum banyak yang memiliki. Ini bisa menjadi nilai plus bagi warehouse Anda karena dapat memanfaatkan teknologi terkini dari alat berat yang Anda pakai. Bisa saja teknologi ini memudahkan pemindahan barang oleh operator sehingga kinerja jadi lebih cepat.
  • Tidak perlu menawar
    Harga forklift Mitsubishi yang baru dan bergaransi memiliki pricelist yang sudah ditentukan oleh kantor pusat. Sehingga Anda tidak perlu menawar harga atau khawatir kalau membeli kemahalan karena memang sudah standarnya.
  • Lebih awet
    Sebelum forklift keluar dari pabrik, tim QC akan memeriksa kelengkapan dan kualitas forklift secara keseluruhan dan memastikan bahwa forklift tersebut sudah layak meluncur di pasaran. Sehingga forklift yang baru otomatis lebih awet dibandingkan dengan forklift bekas
  • Komponen masih prima
    Kondisi komponen atau sparepart forklift baru juga pasti prima dan mesinnya juga berjalan mulus tanpa gangguan saat distarter.
  • Sesuai ekspektasi
    Saat Anda membaca fitur-fitur forklift yang akan Anda beli, Anda pasti memiliki ekspektasi bahwa forklift akan bekerja sesuai dengan fitur-fitur tersebut. Dengan forklift Mitsubishi baru, ekspektasi Anda terhadap alat berat ini sesuai dengan kenyataan.
  • Ada garansi
    Pembelian forklift baru merk apapun akan disertai garansi 12 hingga 36 bulan lamanya. Dalam kurun waktu ini, jika terjadi error atau kerusakan, Anda tidak akan dipungut biaya saat membawanya ke bengkel resmi. Hal ini akan menghemat budget

Kontra :

  • Harga mahal
    Harga forklift Mitsubishi baru bisa sangat mahal bergantung dari tipe dan kapasitasnya. Jika Anda adalah perusahaan startup atau rintisan yang perlu menghemat budget, sangat tidak disarankan untuk membeli forklift baru karena harganya yang menjulang tinggi.
  • Butuh dokumen resmi dan detail
    Saat membeli forklift, Anda harus mengurus ijin operasionalnya dan hal ini bisa makan waktu lama.

Pro dan kontra beli forklift Mitsubishi bekas

Pro :

  • Hemat biaya
    Salah satu pertimbangan yang sudah dijelaskan di awal artikel ini adalah pertimbangan harga. Dengan membeli forklift Mitsubishi bekas, Anda menghemat biaya sangat besar hingga mencapai 30 atau 50 persen. Harga yang terjangkau inilah yang menjadi alasan, banyak pengusaha warehouse yang lebih memilih forklift bekas ketimbang harus beli yang baru.
  • Proses beli yang cepat
    Karena membeli dalam keadaan bekas, prosesnya akan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan beli forklift mitsubishi baru.
  • Proses pengiriman cepat
    Forklift bekas biasanya langsung berada di lokasi dan Anda bisa memilihnya. Sedangkan forklift baru belum tentu barangnya ready sehingga jika Anda butuh model forklift yang spesifik, maka harus menunggu barang datang dulu, atau istilahnya inden.

Kontra :

  • Tidak sesuai spesifikasi
    Forklift Mitsubishi bekas mungkin tidak memiliki kelengkapan fitur seperti kondisi baru. Apalagi jika forklift bekas tersebut keluaran model lama, kemungkinan sparepart-nya akan susah dicari.
  • Tipe jadul
    Tipe forklift bekas yang lawas akan ketinggalan fitur teknologi terkini yang disematkan pada seri terbarunya. Forklift ini masih bisa dipakai dan dioperasikan namun tidak secepat dan se efisien yang baru.
  • Harus pandai menawar
    Harga forklift Mitsubishi bekas bergantung pada kondisi dan usia pakainya. Jadi, harga di agen yang satu belum tentu sama dengan agen lain, meskipun Anda memilih tipe yang sama. Jadi, proses tawar menawar harus dilakukan dengan bijak dan memeriksa kualitas mesinnya terlebih dahulu sehingga Anda tidak membeli forklift bekas dengan harga yang terlampau mahal.
  • Tidak bisa bekerja secara efisien
    Meski hal ini tidak selalu terjadi pada forklift bekas, namun kesalahan membeli akan menyebabkan kurangnya efisiensi forklift. Karena kondisi forklift bekas tidak menentu, Anda harus siap-siap saat mesin forklift ngadat. Kerusakan ini menyebabkan forklift tidak bekerja secara efisien. Contoh nyata kerusakan ini misalnya, forklift boros bahan bakar atau pengisian daya accu forklift yang tidak kunjung penuh meski sudah lebih dari 8 jam.
  • Biaya pemeliharan lebih besar
    Lagi-lagi, hal ini belum tentu terjadi pada forklift bekas terlebih jika forklift bekas tersebut telah mendapatkan pemeliharan rutin oleh pemilik sebelumnya. Maka dapat dipastikan biaya pemeliharan rutin tidak akan mahal. Namun jika Anda membeli forklift yang kondisinya sudah mengkhawatirkan – memang murah – tapi Anda harus siap merogoh budget besar untuk memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi di kemudian hari.
  • Tidak ada garansi
    Garansi forklift hanya berlaku 1 sampai 2 tahun saja. Setelah pindah tangan, garansi ini sudah tidak berlaku lagi. Jadi, jika terdapat kerusakan, Anda harus menggunakan biaya sendiri untuk memperbaikinya. Akan tetapi, ada beberapa agen penjual forklift bekas yang menyediakan layanan paska beli sehingga Anda tetap dapat melakukan servis forklift bekas dengan biaya yang telah disetujui atau bahkan gratis dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Pertanyaan berikutnya adalah…

Kapan Anda harus membeli forklift bekas ataupun baru?

Belilah forklift bekas jika

  1. Anda akan memakainya selama kurang dari 4 jam dalam sehari
    Dalam artian, forklift Mitsubishi bekas 5 ton yang Anda beli tidak akan melakukan pekerjaan heavy duty secara terus menerus. Jika forklift bekas bekerja dengan berat, dapat dipastikan kondisinya akan cepat rusak.
  2. Anda hanya butuh alat memindahkan palet dari satu titik ke titik yang lain dan meletakkannya secara vertikal
    Jika Anda hanya butuh fungsi dasar forklift, maka membeli forklift Mitsubishi bekas adalah pilihan yang tepat karena Anda hanya perlu mencari forklift yang tersedia.
  3. Anda siap menawar harga
    Jika Anda telah terbiasa menggunakan forklift bekas, maka Anda sudah sering melakukan penawaran harga dengan jeli.
  4. Anda sudah memeriksa secara detail
    Cara untuk meyakinkan diri sendiri adalah dengan mengecek kelengkapan forklift bekas dan memastikan bahwa semua fitur masuk checklist Anda. Hal ini akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama karena proses pengecekan yang lengkap meliputi bongkar mesin.
  5. Anda memiliki kenalan agen terpercaya
    Penting untuk memilih agen penjual forklift bekas yang jujur dan amanah sehingga Anda membayar apa yang Anda dapatkan. Jika Anda tidak mengenal agen terpercaya, akan sulit untuk menentukan kualitas forklift karena penjual akan selalu menutupi kerusakan yang dialami alat berat bekas tersebut.

Meski Anda memiliki agen terpercaya, tetap lakukan inspeksi sendiri untuk lebih memastikan kondisi forklift Mitsubishi bekas pilihan Anda. Beberapa hal yang perlu diperhatikan meliputi:

  • Keretakan atau lekukan pada garpu dan mast
  • Kerusakan pada mast rail yang bisa mempengaruhi keseimbangan struktur
  • Mast roller yang sobek
  • Cairan hidrolik yang merembes dari selang saat dinyalakan dan membasahi komponen lain seperti rantai misalnya.
  • Kanopi support yang bengkok atau rusak
  • Saat mesin menyala, ada suara yang tidak biasa dari kompartmen mesin
  • Display monitor
  • Handle untuk menjalankan setiap fungsinya dengan baik
  • Kebocoran dari dalam mesin
  • Baut yang hilang

Belilah forklift baru jika

  1. Anda membutuhkan fungsi forklift yang spesifik
    Beberapa forklift baru dirancang dengan fitur spesifik seperti ketinggian yang dapat dijangkau dan kecocokan dengan ukuran palet, ataupun aksesoris yang bisa ditambahkan. Maka, tidak ada cara lain selain membeli yang baru dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Anda memiliki budget lebih
    Budget adalah salah satu pertimbangan penting. Jika memang operasional warehouse Anda memiliki budget yang tak terhingga, tak ada salahnya berinvestasi di peralatan yang dapat membantu meningkatkan produktivitas karyawan Anda. Forklift baru tentunya akan bebas dari masalah-masalah yang ada pada forklift bekas. Selain itu tidak membutuhkan maintenance yang banyak.
  3. Anda membutuhkan alat berat yang bekerja non stop
    Jika warehouse Anda memiliki 3 shift dan setiap operator memakai forklift Mitsubishi 3 ton yang sama, maka sebaiknya Anda memilih forklift yang kondisinya prima mengingat forklift ini hanya punya waktu idle /standby hanya sebentar dan lebih sering dinyalakan dan dijalankan.

Pastikan alat berat yang Anda beli dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk kebutuhan Anda!

Sangatlah penting untuk memperoleh forklift Mitsubishi bekas maupun baru di agen terpercaya. Karena agen yang terpercaya tidak hanya menjual alat berat saja tetapi juga memberikan layanan konsumen hingga paska pembelian sehingga Anda dapat yakin dengan investasi alat berat yang tidak akan merugikan kinerja warehouse Anda. Wijaya Equipments dapat membantu Anda memilih forklift Mitsubishi atau brand lain yang sesuai dengan kebutuhan budget Anda dan produktivitas gudang Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top