Berbagai Forklift Mitsubishi

Berapa Jumlah Forklift yang Diperlukan Gudang Anda?

Deskripsi Berapa Jumlah Forklift yang Diperlukan Gudang Anda?

“Berapa banyak forklift yang saya perlukan?”

Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh para pelanggan Wijaya Equipments saat mereka berencana membeli Forklift Mitsubishi bekas maupun baru. Dalam dunia industri, perhitungan ini dikenal dengan istilah right sizing. Dimana jumlah forklift yang harus dimiiliki dikalkulasi berdasarkan berapa lama waktu operasional, berapa luas area gudang yang Anda miliki dan berapa shift yang digunakan oleh karyawan. Permasalahannya, memang tidak semudah itu melakukan perhitungan. Membeli forklift yang terlalu banyak nantinya tidak efisien dan produktivitas gudang malah menurun karena area jadi sempit untuk manuver forklift.

Namun sebelum kita ke pokok permasalahan, ada baiknya memahami dulu berbagai jenis forklift dan kapasitas muatan tiap tipenya. Mengapa? Agar saat membeli forklift, kita sudah tahu berat beban yang akan diangkat oleh 1 unit forklift dan mempertimbangkan apakah 1 unit cukup atau butuh tambahan lagi.

Setiap jenis forklift dirancang untuk memberikan solusi pada berbagai tantangan dan lingkungan. Dengan mengetahui fungsi dan kapasitas muatan Forklift Mitsubishi Anda, Anda dapat menentukan berapa banyak forklift yang dibutuhkan warehouse Anda.

Apa itu kapasitas muatan?

Kapasitas muatan sebuah forklift diartikan sebagai berat maksimum menurut pabrikan, yang mampu diangkat oleh alat berat tersebut dari titik satu ke titik lainnya. Mengoperasikan forklift melebihi muatan akan berbahaya bagi staf yang bekerja di dalam warehouse dan selain itu membuat forklift cepat rusak.

Data kapasitas muatan sering tertera di bagian body forklift. Data ini menginformasikan load sebuah forklift agar dapat mengangkat dengan sempurna dan aman di dalam berbagai posisi atau saat attachment terpasang. Display-nya juga berisi informasi mengenai kapasitas, load center point, berat maksimum dan nomor seri forklift. Biasanya ada juga yang display-nya termasuk kapasitas down rate sehingga mudah untuk mengidentifikasinya setiap saat.

Reach trucks

Jika forklift Anda berupa reach truck, maksimum berat yang dapat diangkat adalah 2,5 ton.

Three wheel

Forklift tiga roda biasanya mampu mengangkat beban 2,2 ton dan sering dipakai di area warehouse dengan lorong-lorong yang relative sempit

Four wheel

Mirip dengan forklift tiga roda, alat berat dengan empat roda memiliki kekuatan untuk menahan beban lebih besar hingga mencapai 4 ton. Forklift empat roda umumnya berbahan bakar bensin ataupun solar. Forklift empat roda contohnya order picker yang dipakai untuk beban berskala sampai 1,5 ton saja. Ada pula Jacks yang sering dipakai untuk mengangkat beban yang berat dalam jarak pendek.

Turret trucks

Turret trucks menggunakan tenaga listrik dan dapat memuat hingga 3,6 ton berat

Rough terrain forklift

Forklift tipe ini ada yang menggunakan solar ataupun gas untuk menyalakannya. Load nya bisa mencapai 16 ton dengan ukuran yang relative besar.

“Dengan memahami jenis-jenis forklift yang beredar di pasaran, Anda dapat menentukan forklift macam apa yang dibutuhkan oleh warehouse dan menghitung jumlah kebutuhannya”

Fungsi forklift Mitsubishi sendiri adalah untuk berbagai kebutuhan transportasi barang dalam jumlah banyak dan berat. Begitulah prinsip kerja dasarnya. Tetapi karena barang yang diangkut bentuknya berbeda-beda seperti dus atau palet, maka forklift Mitsubishi yang dipakai haruslah tepat agar efektif mengangkat barang-barang dan memindahkannya dengan cepat.

Jika Anda ingin:

  • Menghemat biaya operasional
  • Memaksimalkan produktivitas warehouse di setiap shift- nya
  • Meminimalkan risiko tabrakan di lingkungan warehouse

Sangat penting untuk melakukan perhitungan dengan teliti mengenai jumlah forklift yang harus Anda gunakan. Bergantung dari apa saja jumlah forklift tersebut dan bagaimana cara melakukan penghitungan? Wijaya Equipments telah merangkum beberapa faktor yang sering kami pakai untuk menentukan jumlah forfklift yang harus dimiliki oleh pelanggan.

Bergantung pada jam operasional

Hal yang paling mudah untuk dipertimbangkan dalam membeli forklift adalah, kegunaan forklift tersebut dalam bisnis Anda. Namun sayangnya banyak yang keliru dalam melakukan perhitungan ini. Jika gudang memiliki 2 shift dan 1 shift-nya berjalan selama 8 jam, mereka menghitung waktu operasional forklift adalah 8 jam juga padahal tidak seperti itu.

Operator forklift tidak mungkin menjalankan alat berat ini selama 8 jam penuh mengingat ada jeda istirahat ketika mesin idle, juga ada downtime saat mesin forklift melakukan perjalanan sampai ke lokasi tujuan. Jadi, tidak mungkin forkflit Mitsubishi 3 ton akan bekerja secara terus menerus non stop selama 16 jam dalam 2 shift tersebut. Maka dari itu, perlu diperhatikan berapa jam waktu aktif 1 orang operator dalam memindah barang-barang di gudang. Jika waktu bersih yang mereka gunakan adalah 4 atau 5 jam, berarti waktu inilah yang kita gunakan untuk mengukur berapa lama forklift digunakan dalam 1 shift.

Bergantung produktivitas

Pertimbangan jumlah forklift Mitsubishi bergantung dari produktivitas operator yang menggunakan alat berat ini. Misalnya, di dalam warehouse ada 5 orang operator yang merangkap packing, document handling dan lain sebagainya. Maka kemungkinan besar setiap operator dapat menggantikan operator lainnya saat mereka sedang melakukan pekerjaan lain selama beberapa jam. Sehingga tidak ada waktu idle yang terbuang dan mesin dapat bekerja secara optimal saat beroperasi dalam status on demand.

Sebagai contoh, perusahaan kertas X biasa beroperasi dalam dua shift yaitu pagi dan malam.

Shift pagi: menerima material dan meletakkannya ke dalam palet

Shift malam: mengambil palet dan menumpuknya secara vertikal untuk kebutuhan pengiriman pada keesokan harinya.

Anda dapat menghemat kebutuhan forklift karena semua operator dapat bekerja dalam waktu sang sama dan bergantian sesuai shift-nya. Jadi, jika Anda memilki 20 operator dalam 2 shift, dan mengangkat sebanyak 20 kali, maka Anda hanya butuh 10 forklift saja.

Bergantung pada usia perusahaan Anda

Jika Anda baru saja membuka warehouse, tak ada salahnya rental forklift Mitsubishi di vendor yang terpercaya. Sewa forklift adalah salah satu cara agar tidak menimbun asset diam dalam kurun waktu yang cukup lama, terlebih jika Anda masih belum tahu perhitungan operasionalnya seperti apa.

Atau, jika Anda memiliki usaha musiman yang hanya menggunakan forklift Mitsubishi dua bulan sekali, misalnya. Anda dapat menyewa forklift alih-alih membelinya untuk mengurangi biaya.

Bergantung pada luas area warehouse

Kita ambil contoh gudang berukuran rata-rata sekitar 25.000 kaki persegi, dengan rak dan pagar penuh, atau setidaknya memiliki beberapa sistem panduan yang disisipkan di tiap lorong. Dengan palet standar ukuran 1000 x 1200, Anda memiliki sekitar 2.000 palet di gudang yang ditumpuk vertikal 5 tingkat.

Jika Anda ingin menangani 10 sampai 20 palet sekaligus, maka ada palet yang keluar dan masuk sebanyak 100 kali per hari. Jika total kerja adalah 420 menit, maka forklift memiliki waktu 4.2 menit untuk menangangi tiap paletnya. Maka Anda membutuhkan dua tipe alat berat forklift. Pertama, untuk bongkar muat. Kedua untuk memindahkannya ke tempat lain. Alat forklift yang Anda pilih dapat berukuran kecil tapi memiliki manuver yang tinggi. Serta alat untuk memindahkan. Dari sini Anda sudah dapat mengetahui kebutuhan forklift seperti apa untuk warehouse Anda. Jika memungkinkan, pilih forklift yang bisa dipakai untuk bongkar muat sekaligus pindah barang dengan panjang fork yang bisa disesuaikan.

Bergantung pada output produksi

Jika produksi warehouse Anda memiliki load yang tinggi, maka kebutuhan forklift harus disesuaikan dengan volume produksinya. Dengan banyak barang yang harus diangkut, otomatis forklift Mitsubishi akan bekerja dengan frekuensi yang banyak. Dalam hal ini, output produksi sangat menentukan berapa jumlah alat berat yang dibutuhkan oleh gudang.

Volume barang yang datang dan yang keluar dari warehouse saat ini, bisa dibandingkan dengan hari sebelumnya untuk mendapatkan perhitungan performa gain and loss. Kemudian diambil rata-rata per shiftnya untuk memperoleh output produksi yang mendekati akurat.

Dimana harus memulai saat menghitung jumlah forklift untuk warehouse?

Mengelompokkan penggunaan forklift Mitsubishi berdasarkan tugasnya

Berapa jam forklift Anda digunakan untuk pengiriman dan penerimaan serta untuk produksi? Apakah forklift digunakan sekaligus untuk transportasi horizontal? Jika memang forklift memiliki fungsi untuk mengantarkan barang ke tempat lain dan menumpuknya secara vertikal, maka memilih fokrlift Mitsubishi yang single-double forklift attachment akan sangat menghemat biaya Anda.

Memastikan inventaris warehouse tidak ada yang diam

Stok di dalam warehouse juga sedikit banyak sangat menentukan jumlah forklift yang dibutuhkan. Jika turnover warehouse cukup tinggi, maka optimasi letak palet dan streamline produksi dapat mengurangi kemacetan arus di tiap lorongnya, saat semua forklift harus beroperasi. Disamping itu, setiap forklift juga harus dapat mencapai lokasi yang sulit agar stok lama dan baru dapat terus berputar.

Lacak aktivitas forklift yang dijalankan oleh tiap operator

Jika Anda memiliki beberapa operator yang melakukan pekerjaan yang sama, ikuti produktivitas mereka untuk melihat apakah mereka semua memindahkan jumlah palet yang kira-kira sama per shift (atau kerangka waktu tertentu lainnya).

Identifikasi jika ada yang kurang efisien

Jika operasi warehouse Anda menggunakan beberapa truk pengangkat untuk memindahkan satu palet dari dok pemuatan ke posisi akhir di rak, Anda dapat menghemat waktu dan uang dengan meminta satu forklift menangani semuanya dari awal hingga akhir.

Selain itu, masih ada faktor lain yang juga tidak kalah pentingnya

Meskipun Anda hanya membutuhkan 1 forklift saja, jangan sampai salah beli ukuran karena akan merugikan jika tidak terpakai. Salah satu cara menghindari forklift salah ukuran yaitu dengan melakukan perhitungan kombinasi rak forklift atau palet.

Kombinasi rak forklift / palet yang tepat memungkinkan Anda untuk:

  • Memaksimalkan penggunaan peralatan
  • Meningkatkan produktivitas dengan menghilangkan kebutuhan akan banyak forklift untuk memindahkan satu palet
  • Membatasi kebutuhan forklift untuk penggunaan khusus
    Jika Anda memiliki forklift lebih dari 5, tidak mungkin untuk menyimpan beberapa unit dan memakai sisanya karena forklift yang didiamkan terlalu lama juga bisa turun kualitasnya. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengurangi biaya perawatan 5 forklift tersebut. Bagaimana caranya?
  • Mengoptimalkan armada yang Anda miliki
    Attachment forklift memungkinkan Anda untuk mengkustomasi forklift yang Anda miliki saat ini tanpa harus membeli baru atau menukarnya. Dengan attachment, forklift dapat memiliki fungsi tambahan lain tanpa harus keluar biaya banyak.
  • Cek dan ricek
    Tak dapat dipungkiri, pemeriksaan rutin oleh setiap staf akan membantu hemat ongkos. Selain dapat memperpanjang usia forklift, Anda dapat mengerahkan semua armada dengan maksimal tanpa takut aus dan rusak karena sudah dilakukan perawatan secara berkala.

Efektivitas warehouse dan forklift Mitsubishi Anda akan sangat optimal jika dihitung dari berapa jumlah aktivitas yang dijalankan selama periode tertentu. Anda memiliki pertanyaan seputar forklift Mitsubishi bekas ataupun baru? Atau masih bingung memilih Forkflift Mitsubisi 3 ton atau 5 ton? Wijaya Equipments dapat membantu Anda untuk melakukan perhitungan right sizing dengan mengamati setiap parameter yang ada dan mengkalkulasi jumlah forklift yang benar-benar Anda butuhkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top