Cara Memilih Charger Aki Forklift yang Tepat

Banyak orang masih menyepelekan charger untuk aki forklift dengan anggapan bahwa semua charger dan kabel sama saja asal bisa nyala saat dicolok.

Memang pemikiran sederhananya seperti itu. Tapi untuk membuat aki forklift Anda awet tahan lama sampai bertahun-tahun, tentunya selain membutuhkan perawatan, pemilihan charger yang tepat juga sangat membantu. Karena jika tidak, maka akan muncul tanda-tanda aki harus diganti, seperti yang pernah dibahas disini.

Sebagai pusat charger aki forklift harga murah, kami sering mendapatkan pertanyaan dari konsumen tentang bagaimana memilih charger aki yang tepat. Pertanyaan ini sangat wajar, karena banyak konsumen yang belum begitu paham. Tapi sebelum sampai pada pembahasan tersebut, mari kita definisikan dulu charger aki forklift yang bagus itu seperti apa?

Charger aki forklift yang bagus memiliki beberapa karakter seperti berikut:

1. Punya kelengkapan komponen
Tidak seperti charger handphone yang terdiri dari kabel dan colokan saja – charger forklift berbentuk kotak dan berat. Komponennya ada banyak, tapi yang standar harus ada yaitu switch, kontaktor, konektor, kabel, dan panel kontrol digital.

2. Mampu menyuplai daya pada aki sampai penuh sesuai dengan standar waktu charging aki
Bergantung dari tipenya, rata-rata aki forklift butuh waktu antara 8 sampai 12 jam untuk pengisian daya. Jika 2 jam aki sudah penuh, atau malah butuh seharian untuk mengisi daya, maka ada kemungkinan charger yang Anda gunakan kurang tepat.

3. Mampu mengisi daya pada aki tanpa masalah
Ada banyak tipe charger yang dijual di pusat charger forklift murah, tapi belum tentu cocok dengan aki yang ada di forklift Anda. Charger yang baik tidak butuh ribet dalam pemakaian dan fitur-fiturnya jelas.

4. Daya tahan yang tinggi
Forklift yang modern didesain khusus untuk performa yang tinggi. Itu artinya, forkflift dirancang untuk memiliki tingkat efisiensi yang besar agar bisa bekerja cepat, sesuai target. Dengan fitur forklift seperti ini, maka aki yang digunakan haruslah yang daya tahannya tinggi juga. Dan charger yang baik adalah charger yang bisa menyuplai daya sesuai dengan kebutuhan aki tersebut. Tidak kurang tidak lebih.

Mungkin Anda berpikir, charger aki forklift asalkan canggih dan lengkap komponennya, pasti bisa digunakan. Tapi kenyataan di lapangan, kami menemukan banyak konsumen yang datang membeli aki baru karena rusak. Dan setelah dicari permasalahannya, banyak yang mengeluh karena aki cepat panas saat di lakukan pengisian daya. Atau, ternyata waktu beli charger, penjual tidak memberitahu secara detail mengenai spesifikasinya.

Perlu diingat, tidak semua charger cocok untuk model aki Anda. Dan jika dipaksakan, memang akan tetap mengisi daya, tetapi akan ada masalah selanjutnya.

Pemilihan charger yang salah akan mempersingkat umur aki forklift Anda. Hal ini akan berdampak pada kerusakan mesin, juga biaya listrik gudang karena aki harus dicas berkali-kali dalam sehari. Yang lebih buruk lagi, aki bisa mengalami konslet karena terlalu panas dan membahayakan gudang beserta karyawan Anda jika terjadi kebakaran.

Nah, berikut adalah beberapa tips bagaimana menentukan charger yang tepat. Jadi sebelum membeli charger, simak tips- tips di bawah ini!

1. Tentukan kapasitas aki forklift Anda
Saat membeli aki forklift di pusat charger aki forklift, pastikan Anda mengetahui data lengkap aki yang Anda pakai. Di setiap packaging aki, pasti ada label yang berisi informasi seputar amp hour, output, dan lain sebagainya. Misal, jika kardus aki sudah dibuang, Anda masih bisa melihat data ini pada bagian tutup aki yang biasanya berbentuk lempengan berwarna hitam.

Jika Anda sudah mengetahuinya, pastikan Anda menginformasikan detailnya kepada pusat jual charger aki yang Anda tuju. Votlase dan Ampere menjadi pertimbangan penting karena setiap aki memiliki standar AC dan DC tersendiri. Cara mengetahui voltasi dengan cepat bisa pakai cara berikut. Hitung cell pada tutup aki (berbentuk persegi). Setiap cell adalah 2 volts. Jadi, kalau Anda hitung ada 18 cell, berarti akinya 36 Volt. Mudah, kan?

2. Permukaan charger aki forklift tidak rusak
Sama seperti saat membeli barang apa saja, pengecekan menyeluruh dimulai dari penampilan luarnya. Sebaiknya kita tidak menyepelekan permukaan luar, apakah kabel-kabelnya dalam kondisi yang baik? Apakah terdapat goresan di bagian konektor? Saat akan membeli charger forklift, cek setiap sisinya untuk melihat apakah ada cacat fisik.

3. Spesifikasi charger aki forklift harus jelas
Sama seperti saat kita akan membeli peralatan elektronik, spesifikasi di dalam buku manualnya harus jelas. Petunjuk cara penggunaan charger akan bermanfaat untuk staf operasional Anda karena dari sana mereka bisa memahami cara aman untuk mengisi daya aki forklift. Misalnya, ada petunjuk bahwa konektor yang besar berwarna merah cocok untuk 24 Volt sedangkan konektor abu-abu untuk 36 volt, biru untuk 48 volt dan seterusnya.

Jika kurang jelas, pastikan pusat jual charger forklift Anda menyediakan staf profesional yang paham jenis dan komponen charger agar dapat menjelaskannya pada Anda.

4. Cocok dengan dimensi aki
Semakin besar kapasitas aki, daya yang dibutuhkan juga semakin besar. Pastikan Anda mencocokkan dimensi aki dan system charging yang telah direkomendasikan oleh pabrikan aki tersebut.

Ada standar yang biasanya digunakan dalam memilih charger untuk aki forklift yaitu ukuran 14C sampai 20C (14 % – 20%) amp hour. Sangat penting untuk mengetahui rating ah dari aki Anda saat akan membeli charger. Kapasitas charger yang terlalu kecil tidak disarankan. Tetapi kapasitas charger yang lebih besar masih bisa digunakan meskipun kurang baik dan ada resiko overcharging.

5. Pertimbangkan fitur charger
Mirip dengan charger smartphone, charger aki memiliki berbagai fitur. Misalnya, fitur yang bisa melakukan pengisian daya dengan cepat, atau fitur charger yang hemat energi dan tidak buang-buang listrik. Pastikan kebutuhan Anda sesuai dengan fungsi forklift yang Anda pakai. Fitur-fitur seperti display, lampu LED dan bahan material charger juga penting untuk diamati sehingga Anda mendapatkan kualitas yang baik.

6. Mencoba charger sebelum membeli
Pastikan pusat jual charger yang Anda datangi, mau melakukan testing sebelum Anda membeli. Contoh charger yang tidak cocok adalah temperaturnya yang tiba-tiba memanas.

7. Mahal belum tentu tepat
Perhatikan budget untuk membeli charger aki forklift yang Anda butuhkan. Bisa saja charger tersebut punya spesifikasi yang sangat canggih tapi jika ampere tidak sesuai, maka akan percuma saja.

Pertimbangkan hal berikut ini ketika akan membeli charger aki yang tepat!

Meskipun Anda bisa membeli charger dan aki secara terpisah, tetapi membeli di tempat yang sama akan meminimalkan resiko charger yang tidak cocok dengan akinya. Biasanya, pusat jual aki dan charger forklift akan menjual tipe- tipe padanan. Selain itu, mereka juga memberikan technical support yang bisa membantu Anda memasang atau mengganti aki.

Setiap forklift memiliki aki dan charger yang berbeda-beda bergantung dari kebutuhan.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang seharusnya ditanyakan oleh pusat jual aki forklift yang berpengalaman, sebelum merekomendasikan charger aki forklift yang tepat kepada konsumen.

  1. Dimana charger stations ditempatkan di dalam gudang Anda? Berkaitan dengan aktivitas pengisian daya yang rawan kebakaran.
  2. Berapa ukuran voltase yang Anda operasikan? Berkaitan dengan jumlah aki forklift yang digunakan.
  3. Forklift dipakai dalam berapa shift dalam sehari? Berkaitan dengan down time dan up time aki.
  4. Seberapa sering Anda menambahkan air pada aki? Berkaitan dengan kondisi aki yang Anda miliki.

Jawaban Anda akan sangat membantu penjual untuk menentukan jumlah aki dan charger mana yang paling sesuai untuk Anda.

Contohnya, shift dalam sehari akan menentukan waktu down time dimana daya aki forklift harus di isi ulang, supaya efisien. Cara kita melakukan charging akan berdampak seperti efek domino.

Dengan memahami hal ini di awal, Anda dapat mengoptimalkan kinerja forklift dan memastikan tidak ada daya yang terbuang sia-sia selama jam operasional.

Aki forklift adalah aki industri yang penanganannya jelas berbeda dengan aki mobil atau motor. Dan karena konstruksi aki forklift mempunyai karakteristik yang berbeda.

WIJAYA EQUIPMENTS dapat membantu Anda memilih aki dan charger yang tepat. Kami dapat membantu Anda memahami produktivitas aki secara lebih jelas sehingga kinerja forklift Anda bisa efisien dan tidak gampang rusak.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Percayakan kebutuhan charger aki forklift Anda kepada WIJAYA EQUIPMENTS. Kami menjual charger aki forklift murah resmi dan bergaransi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top