Shop From Home Forklift 3 Ton

Cara Memperpanjang Umur Forklift Mitsubishi Bekas

Deskripsi Cara Memperpanjang Umur Forklift Mitsubishi Bekas

Sama seperti kendaraan pada umumnya, forklift juga memiliki usia pakai yang sudah ditetapkan oleh produsennya. Biasanya, forklift akan mengalami banyak kendala saat sudah beranjak usia 5 tahun pemakaian. Saat membeli forklift Mitsubishi bekas, tentunya kita ingin menghemat biaya dan berharap forklift bisa digunakan dalam kurun waktu yang lama agar tidak rugi.

Ada beberapa trik yang bisa Anda pakai untuk memperpanjang umur forkflift Mitsubishi bekas.

Begini cara memperpanjang usia forklift Mitsubishi Anda!

  1. Perhatikan berapa jam forklift Mitsubishi Anda telah dioperasikan

    Umumnya, usia forklift diukur dari berapa lama alat berat ini telah digunakan. Jadi, ukuran usianya bukan dari berapa tahun forklift tersebut sudah ada di gudang Anda melainkan waktu pemakaiannya.

    Misalnya saja, Anda memiliki forklift Mitsubishi Grendia 3 ton. Waktu pemakaian forklift Mitsubishi Grendia Anda dapat dilihat di display monitornya. Disitu akan tertera berapa jam forklift tersebut telah dijalankan. Catatlah waktu ini dan bandingkan dengan standar usia di buku pedoman penggunaan Forklift Mitsubishi Grendia. Disitu Anda akan tahu berapa lama lagi forklift bisa digunakan.

    Sebagai contohnya, Anda memiliki dua forklift Mitsubishi 5 ton. Yang satu memiliki usia pakai 6,000 jam dan satunya lagi 3,000 jam. Hal ini sudah jelas bahwa mesin yang usia pakainya masih 3,000 jam akan lebih produktif dalam jangka waktu lama dibandingkan dengan yang sudah jalan selama total 6,000 jam.

    Di sisi lain, Anda mungkin ingin menghindari forklift yang jumlah jam pemakaiannya melebihi lama pemakaian tertentu. Misalnya, forklift Mitsubishi yang telah digunakan selama sekitar setengah dari waktu yang Anda harapkan forklift bertahan mungkin kurang tepat untuk dibeli.

    Pertimbangan lain yaitu ketika mesin forklift Mitsubishi bekas telah digunakan lebih dari ¾ dari waktu total pemakaian standar. Kemungkinan besar, forklift bekas ini tidak akan bertahan lama.

    Harga Forklift bekas yang usianya lebih tua ini umumnya jauh lebih murah daripada forklift yang lebih muda. Membeli alat berat dengan perkiraan masa pakai yang pendek dapat menghabiskan lebih banyak uang dalam jangka panjang.

  2. Pertimbangkan model forklift bekas yang Anda pilih

    Berapa jam forklift telah dipakai tidak seta merta menjadi standar utama saat hendak menentukan apakah forklift masih layak pakai atau tidak.

    Beberapa mesin alat berat sebenarnya dapat berjalan melebihi standar usia pakainya. Apalagi jika dilakukan pemeliharaan secara rutin. Selain itu, merk juga menjadi salah satu indicator yang kuat jika Anda berharap forklift tahan lama. Merk-merk yang sudah terpercaya seperti Mitsubishi dan Toyota misalnya, memiliki waktu pakai yang sangat lama bila dibandingkan dengan yang lainnya. Meskipun kondisi forfoklift-nya sudah bekas.

    Anda dapat melakukan sedikit riset kecil-kecilan mengenai merk forkflift yang akan Anda gunakan. Saat Anda mengecek harga forklift Mitsubishi 5 ton bekas, misalnya. Cari tahu juga berapa lama standar pemakaiannya. Forkflit Mitsubishi umumnya memiliki waktu yang lama, hingga 12,000 jam. Maka dari itu, jika Anda melihat waktu di monitor menunjukkan 5,000 jam, itu artinya forklift tersebut masih bisa digunakan sampai 7,000 jam lagi.

    Jika tujuan Anda adalah memaksimalkan usia pakai forkflit Mitsubihshi, mugkin Anda akan mengeluarkan budget untuk memperbaiki kondisinya sedikit tetapi biaya ini lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan forklift bekas dengan brand yang abal-abal dan akhirnya harus membongkar seluruh komponennya karena rusak.

  3. Mencari dealer forklift Mitsubishi bekas yang terpercaya

    Penting untuk mencari dealer yang dapat diajak berkonsultasi dalam mengecek atau memperbaiki forklift bekas yang Anda beli. Keahlian mereka akan sangat membantu Anda mengidentifikasi masalah dan memperbaikinya sekaligus memperpanjang usia pakainya. Forklift mitsubishi bekas membutuhkan evaluasi yang detail tidak hanya usia pakainya saja tetapi juga komponen mesin di dalamnya.

  4. Pertimbangkan forklift Electric vs IC yang digunakan.

    Jumlah masa pakai yang tersisa di forklift bekas juga ditentukan oleh apakah Anda menggunakan jenis forklift listrik atau forklift IC. Umur forklift IC sering dihitung berdasarkan berapa lama masa pakainya. Di sisi lain, umur forklift listrik ditentukan oleh jumlah siklus pengisian yang dilakukan.

    Biasanya, forklift listrik akan bertahan antara 1.200 dan 1.500 pengisian daya, dengan perkiraan setiap pengisian daya dilakukan selama sekitar 6-8 jam. Secara garis besar, usianya sekitar 5-7 tahun penggunaan.

    Oleh karena itu, penting untuk memastikan Anda mengetahui berapa siklus pengisian yang telah digunakan pada baterai sebelum Anda membeli forklift bekas. Abaikan forklift yang hampir menghabiskan semua siklus pengisiannya, karena mengganti baterai bisa makan biaya yang sangat mahal.

  5. Berikan pelatihan kepada para operator forklift Anda

    Lho, apa hubungannya training operator dengan kondisi forklift? Tentu saja ada. Memberikan pelatihan kepada staf Anda mengenai seluk beluk forklift akan sangat membantu mereka untuk ikut menjaga kondisi alat berat apapun yang Anda miliki. Bayangkan jika terjadi kerusakan dan mereka mengabaikannya karena tidak mengerti? Hal ini akan berbahaya dan menimbulkan kerusakan yang lebih parah ke depannya.

    Kerusakan yang sering terjadi pada forklift diakibatkan dari tabrakan, dan cara membongkar muat yang keliru. Dampak dari kerusakan ini juga memakan biaya besar dan menurunkan kualitas mesin secara drastis. Untuk menghindarinya, Anda dapat memberikan pelatihan kepada operator tentang cara-cara mengemudikan forklift serta bagaimana memaksimalkan fitur-fitur yang ada dengan baik dan benar.

  6. Pemeliharaan area warehouse

    Tempat penyimpanan forklift Mitsubishi dan alat berat lainnya sangat menentukan kualitas mesin di kemudian hari. Dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan area pergudangan, secara tidak langsung Anda juga merawat forklift yang Anda miliki. Alat berat cenderung lebih cepat rusak di lingkungan gudang yang buruk.

    Misalnya, tidak ada kanopi yang menutupi area parkir forklift sehingga terkena hujan terus menerus. Hal ini mengakibatkan menurunnya fungsi forfklift dengan cepat – bahkan bisa lebih cepat rusak sebelum standar usia pakainya.

  7. Melakukan perawatan daya secara rutin

    Salah satu cara untuk memperpanjang usia forklift Mitsubishi bekas Anda adalah dengan melakukan perawatan daya secara rutin. Meskipun setiap forklift memiliki jadwal perawatan secara rutin setiap beberapa bulan sekali, tak ada salahnya memiliki jadwal rutin sendiri setiap saat sehingga Anda bisa langsung mengetahui jika terjadi kerusakan. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari kerusakan yang lebih parah.

  8. Periksa sistem transmisi

    Forklift modern saat ini memiliki transmisi yang nyaman digunakan oleh operator. Namun kekurangannya adalah, saat terjadi kerusakan, akan lebih sulit untuk diperbaiki karena tingkat kerumitannya pun tinggi. Cara memperpanjang usia forklift tipe modern adalah dengan mengecek sistem transmisi mulai dari cairan hingga komponennya.

  9. Periksa pedal rem

    Hal simple yang sering diabaikan adalah rem. Rem yang blong tidak hanya menyebabkan kerusakan tapi juga ancaman bahaya keselamatan para staf yang bekerja di warehouse Anda. Rem harus selalu pakem. Dengan memelihara fungsi rem, Anda juga memperpanjang usia forklift Mitsubishi tersebut. Komponen yang harus diamati antara lain pedal dan pad serta minyak rem.

  10. Pemeriksaan fungsi garpu

    Hampir seluruh fungsi utama forklift mengandalkan komponen garpunya. Baik untuk bermanuver ke kiri dan ke kanan maupun ke atas dan ke bawah. Garpu ini harus dalam posisi lurus seperti anak panah. Garpu yang posisinya miring menyebabkan ketidakstabilan saat membawa palet berat sehingga barang bisa terjatuh dan melukai orang yang sedang lewat.

    Jika forklift Anda memang untuk pekerjaan heavy duty, sering-seringlah melakukan pengecekan setiap garpunya agar senantiasa seimbang dalam mengangkat beban yang berat.

  11. Ganti oli secara rutin

    Meski forklift masih dalam kondisi baik, oli tetap harus diganti secara rutin, paling tidak 3 bulan sekali. Pemilihan oli juga sebaiknya yang orisinil agar terhindar dari oli abal-abal dan membuat mesin jadi rusak. Kenapa harus mengganti oli secara rutin? Karena residunya bisa membuat kerak dan menyumbat saluran yang ada di komponen mesin. Bahkan untuk kondisi parah dan jarang dicek, bisa menyebabkan mesin berhenti sama sekali dan tidak dapat dioperasikan.

  12. Periksa ban forklift

    Tekanan pada ban forklift Mitsubishi 5 ton harus sering dicek karena sering mengangkat beban yang berat mengakibatkan tekanan yang semakin lama berkurang. Jika tekanan angin ban berkurang, maka ban akan mudah meletus dan membahayakan operator Anda. Ban yang tidak berkualitas dapat mengurangi produktivitas alat berat Anda.

  13. Tindakan pencegahan

    Mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal ini juga berlaku untuk forklift Mitsubishi bekas milik Anda. Tindakan pencegahan dapat dilakukan secara rutin dengan jadwal yang sudah dipastikan sebelumnya. Pengecekan bagian luar dan dalam meski forklift dalam keadaan baik-baik saja. Jika Anda tidak memiliki pakar yang dapat melakukan pemeriksaan, tak ada salahnya meminta layanan dari agen profesional yang dapat melakukan pemeliharaan rutin untuk menghindari kerusakan.

Pertimbangkan faktor lain, seperti perawatan dan penggunaan forklift bekas Anda

Faktor lain yang bisa mempengaruhi umur forklift bekas adalah perawatan dan cara pemakaiannya. Secara khusus, perawatan mesin, dan bagaimana alat itu digunakan, keduanya mempengaruhi seberapa cepat mesin forklift Mitsubishi itu akan aus.

Misalnya, mesin forklift Mitsubishi bekas 3 ton yang telah dirawat dengan cermat dan digunakan terutama di dalam ruangan, kemungkinan besar memiliki lebih banyak masa pakai yang tersisa di dalamnya setelah 4.000 jam penggunaan daripada mesin yang telah sering digunakan di luar dalam kondisi cuaca terik dan hujan.

Jika Anda berencana menggunakan mesin selama tiga jam saja atau kurang dalam sehari, Anda dapat memanfaatkan forklift bekas yang usia pakainya sudah lebih dari setengah. Tetapi jika Anda berencana menggunakan mesin ini lebih dari tiga jam sehari, Anda mungkin ingin membeli Mitsubishi forkliftyang lebih prima.

Waspada forklift yang jarang dirawat dan tidak dicek secara rutin

Seperti benda lain yang kita miliki, forklift dapat awet dipakai ketika Anda merawat dan melakukan pemeliharaan dengan baik. Sisihkan waktu dari jadwal setiap operator untuk melakukan pengecekan dengan menggunakan maintenance plan yang sudah disepakati.

Jika forklift selalu mengangkat beban yang sangat berat setiap hari, jadwal pengecekan juga harus lebih sering. Buatlah table laporan yang dapat diamati dan lakukan perbandingan antara tahun lalu dan tahun ini, apakah mesin mengalami kemunduran atau kualitasnya sama.

Tidak ada salahnya mengikuti rekomendasi pabrik yang sudah tertera di buku manualnya. Cara perawatan forklift elektrik dan berbahan bakar solar tentunya sangat berbeda.

Jika Anda membeli forklift Mitsubishi bekas, jangan lupa untuk meminta buku manual sebagai panduan Anda melakukan perawatan. Hal-hal sederhana seperti mengecek cairan, mengecek ban, dan baterai tampaknya sepele tapi dapat membantu Anda menghemat jutaan rupiah untuk menghindari biaya kerusakan.

Teknik penyimpanan forklift juga sangat mempengaruhi usianya. Parkirkan forklift di tempat yang bersih dan kering, jauh dari air. Selain itu, perlu sesekali membuka tutup bagian bodi mesin agar jangan sampai baterai forklift mengalami oksidasi dan berkarat sehingga merusak komponen yang ada di dalam mesin. Hindari ruangan yang terlampau lembab karena bisa menimbulkan karat.

Jika membutuhkan teknisi atau ahli yang dapat melakukan pemeriksaan, jangan segan untuk memanggil dan berkonsultasi. Dengan berbagai pedoman memperpanjang umur forklift di atas, niscaya alat berat yang Anda miliki dapat menjadi inventaris yang bermanfaat dan tidak merugikan bisnis Anda.

Sebuah forklift bisa bekerja hingga 20,000 jam melebihi standarnya, asalkan dilakukan perawatan dengan baik

Di Wijaya Equipments, kami menawarkan beragam pilihan Forklift Mitsubishi bekas berkualitas ataupun baru – untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Dan, sebagai dealer yang andal dan profesional, kami memiliki keahlian untuk membantu Anda mengevaluasi semua faktor yang perlu Anda pertimbangkan untuk menentukan umur dan nilai forklift bekas apa pun yang ingin Anda beli. Mengevaluasi faktor-faktor ini dapat memungkinkan Anda memilih mesin yang akan bertahan selama Anda membutuhkannya. Inilah sebabnya Wijaya Equipments menjual banyak forklift bekas yang masih sangat layak pakai. Dengan inspeksi yang rutin dan pemeliharaan yang detail, forklift yang berusia lebih dari 5 tahun pun dapat bekerja seperti forklift baru.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top