Kapan Aki Forklift Sumitomo Membutuhkan Air?

Deskripsi Kapan Aki Forklift Sumitomo Membutuhkan Air?

Bagi Anda yang bergelut di bidang alat-alat berat, brand Sumitomo tentu sudah tidak asing lagi. PT Sumitomo Indonesia atau Sogo Shosa yang didirikan pada tahun 1999 merupakan bagian dari Sumitomo Corporation asal Jepang. Beberapa produk yang dihasilkan oleh perusahaan adalah produk logam, transportasi dan konstruksi termasuk forklift.

Sebagai salah satu merek forklift yang banyak digunakan di Indonesia, forklift Sumitomo terbilang sangat tangguh di lapangan. Apalagi dengan dukungan aki forklift Sumitomo yang mumpuni, alat berat yang terkenal dengan warna birunya ini dapat digunakan untuk berbagai jenis kebutuhan.

Meski begitu, perawatan terhadap aki forklift Sumitomo juga perlu diperhatikan. Memiliki level aki forklift Sumitomo yang baik merupakan bagian penting dari rutinitas perawatan forklift elektrik ini. Simak beberapa hal penting terkait aki forklift Sumitomo berikut ini!

Kapan Sebaiknya Anda Mengisi Air ke Aki Forklift?

Jangan pernah mengisi air baterai sebelum Anda mengisi dayanya. Baterai membutuhkan ruang ekstra untuk mengimbangi ekspansi cairan saat sedang diisi. Periksa dan pastikan level air di baterai Anda cukup tinggi untuk menutupi pelat timah dalam sel. Kalau perlu, isi sampai ke level tersebut.

Kalau Anda mengisi air sebelum mengisi daya, ada potensi luapan yang mungkin terjadi. Kalau baterai meluap, ia akan kehilangan sebagian asam di dalamnya dan masa pakai baterai akan menurun secara signifikan.

Mengisi baterai setelah mengisi dayanya akan membantu menjaga baterai tetap terlindungi saat level air aki berkurang. Ini juga bisa membantu mencegah kerusakan pada baterai sampai pemeriksaan yang berikutnya.

Berapa Banyak Air yang Harus Dimasukkan ke Dalam Baterai Forklift?

Jaga pelat baterai forklift tetap di bawah garis air ketika Anda mengisi daya. Langkah ini akan membantu memastikan baterai tidak dalam kondisi yang terlalu panas dan mengering. Kalau sampai baterai terlalu panas dan kering, baterai kemungkinan tidak bisa digunakan lagi atau kehilangan kapasitasnya. Jika pelat berada di atas garis air, tambahkan air sekitar seperempat inci di atas pelat dan jangan sampai mengisinya terlalu penuh.

Kapan Anda Harus Menambahkan Air ke Baterai Forklift?

Mengetahui waktu yang tepat untuk menambahkan air ke baterai juga bagian penting dalam perawatan baterai forklift. Baterai forklift biasanya perlu disiram sekitar seminggu sekali jika digunakan setiap hari. Baterai yang sudah digunakan untuk waktu yang lama atau telah direkondisi harus diperiksa setiap lima kali pengisian daya.

Jika dirawat dengan benar, baterai baru bisa diperiksa setiap 10 kali pengisian daya selama beberapa tahun pertama penggunaannya. Untuk memeriksa level air, buka baterai dan periksa elemennya seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya.

Jenis Air Apa yang Bisa Dimasukkan ke Dalam Baterai Forklift?

Ini merupakan pertanyaan yang paling sering diajukan terkait baterai. Perlu diketahui bahwa untuk mengisi baterai Anda membutuhkan air dengan pH antara 5-7. Air baterai yang digunakan untuk mengisi aki forklift Sumitomo juga harus selalu bersih dan murni.

Penggunaan air yang mengandung kotoran meskipun dalam jumlah kecil seperti air ledeng biasa, bisa menyebabkan kerusakan karena kandungan kimia dan mineral di dalam airnya.

Seperti produk elektronik yang menggunakan daya baterai lainnya, aki forklift Sumitomo sangat penting demi menjaga performanya tetap efisien dan tahan lama. Selain dengan panduan umum yang disebutkan di atas, Anda juga harus mengikuti prosedur perawatan yang disertakan dalam manual pengoperasian forklift dan buku petunjuk yang disediakan oleh pabrikan baterai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top