6 Cara Meningkatkan Keamanan Bagi Warehouse yang Pakai Forklift

Deskripsi 6 Cara Meningkatkan Keamanan Bagi Warehouse yang Pakai Forklift

Forklift merupakan salah satu alat angkut yang sangat dibutuhkan dalam warehouse atau gudang. Salah satu jenis forklift yang umum digunakan oleh pengelola dan pemilik warehouse di Indonesia adalah forklift Noblelift 2 ton. Forklift satu ini memang dilengkapi desain khusus untuk memudahkan proses bongkar dan susun barang di warehouse.

Bagi Anda yang memiliki warehouse dengan forklift Noblelift 2 ton sebagai salah satu alat pengangkut, perlu diingat bahwa risiko kecelakaan akan selalu ada. Karena itu, simak 6 cara meningkatkan keamanan bagi warehouse yang beroperasi dengan menggunakan forklift termasuk forklift Noblelift 2 ton berikut ini!

Pastikan Operator Memahami Cara Kerja Forklift

Forklift jenis apapun yang Anda gunakan termasuk forklift Noblelift 2 ton, pastikan operator yang menjalankannya paham bagaimana cara kerjanya. Terlepas dari bentuknya, mengendarai forklift sebenarnya mirip dengan mengendarai mobil atau kereta golf. Jadi, Anda harus memastikan operator memiliki sertifikasi khusus. Dengan begitu, mereka akan bekerja dengan cara dan standar keamanan yang benar.

Pahami Spesifikasi Mesinnya

Penting bagi calon operator Anda untuk mengetahui spesifikasi pasti dari forklift yang akan mereka operasikan. Ini karena setiap forklift memiliki cara kerja yang berbeda satu sama lain. Beberapa unit bisa menangani beban yang berat atau besar. Ada juga yang bisa beroperasi dengan kecepatan khusus dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui kapasitas serta kecepatan forklift yang akan digunakan, mereka tidak akan melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan di dalam gudang Anda.

Latih Karyawan Anda untuk Lebih Waspada

Keamanan penggunaan forklift tentu tidak hanya bergantung pada operatornya. Di dalam gudang Anda tentu ada banyak pekerja lain yang membantu dan mereka juga harus tahu bagaimana cara forklift bekerja. Artinya ketika mereka melihat ada forklift di dekat mereka (dengan mendengarkan suara atau melihat lampu peringatan) mereka tahu caranya untuk menghindar agar tidak tertabrak atau terjepit.

Lakukan Inspeksi Setiap Kali Forklift Selesai Digunakan

Setiap alat berat akan mengalami banyak keausan saat Anda menyimpannya di gudang. Karena itu, Anda harus memastikan kondisinya siap digunakan setiap kali Anda menyalakan mesinnya. Dengan mewajibkan operator atau petugas khusus melakukan inspeksi sebelum forklift beroperasi, mereka bisa menemukan potensi masalah sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lakukan Semuanya Perlahan-lahan

Meskipun aktivitas di gudang bisa saja sibuk, operator forklift Noblelift 2 ton tetap tidak bisa melakukan tugasnya dengan terburu-buru. Mereka harus tetap mematuhi batas kecepatan rendah, memasang tanda dan mengingatkan para pekerja terkait tanda-tanda tersebut. Dengan melakukan langkah-langkah ini, mereka bisa menjalankan kegiatan operasional di dalam warehouse dalam kondisi yang aman dan minim risiko kecelakaan.

Pastikan Posisi Muatan Palet Sudah Benar

Karena forklift dirancang untuk membawa beban berat dari titik A ke titik B dengan kecepatan yang presisi, beban tersebut harus diseimbangkan dengan benar. Karyawan mungkin bisa melakukanya ketika mereka mengemasi barang-barang di atas palet. Tapi operator tetap harus hati-hati dengan cara mereka mengangkat dan menyeimbangkan mesin agar tidak salah.

Selain beberapa hal di atas, keamanan penggunaan forklift Noblelift 2 ton yang tidak kalah penting adalah dengan melakukan penggantian suku cadang. Jika ada bagian yang aus atau bermasalah, jangan ragu untuk segera menggantinya. Jangan sampai kelalaian Anda mengganti suku cadang berakibat fatal bagi operator, karyawan lain bahkan pada gudang Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top