Menangani Tindakan Pencegahan Pada Battery Forklift

Pada artikel kali ini WIJAYA EQUIPMENTS akan membahas beberapa cara menangani tindakan pencegahan Pada pattery forklift, cara ini dapat membantu Anda supaya umur battery forklift Anda bisa tetap terjaga, didalam artikel ini juga ada cara penanganan bila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan pada battery atau ada kecelakaan pada operator yang terkena air aki, berikut penjelasannya:

Cara Menangani Tindakan Pencegahan Pada Battery Forklift

Lingkungan Operasi

Baterai menghasilkan gas hidrogen. Dengan demikian, menggunakan atau mengisi daya baterai di lingkungan berikut ini sangat dilarang. Kalau tidak, kerusakan properti, bahaya kebakaran, atau ledakan yang disebabkan karena percikan dapat terjadi. Kami tidak menyarankan melakukan pengisian daya pada baterai di tempat di mana api digunakan, tempat tertutup atau tidak berventilasi, gunakan baterai 30 menit setelah pengisian daya selesai, hal ini dilakukan agar baterai melakukan proses pendigingan terlebih dahulu.

Membersihkan Baterai Forklift

Seperti disebutkan di atas, baterai menghasilkan gas hidrogen. Karena itu, Anda diminta mematuhi aturan berikut saat membersihkan baterai. Kalau tidak, ledakan akibat percikan dapat terjadi.

(a) Jangan coba sambungkan ujung + dan – ujung baterai menggunakan alat atau sejenisnya.

Menangani Tindakan Pencegahan Pada Battery Forklift

(B) Setiap kali membersihkan baterai, pastikan untuk menggunakan selembar kain basah. Penggunaan kain kering harus dihindari. Permukaan atau sambungan baterai harus dilindungi dari noda atau kontaminasi oleh bahan asing. Jika tidak, kebocoran listrik dapat terjadi, yang menyebabkan percikan dari listrik. Pastikan untuk mempertahankan baterai yang bersih dan kering dengan menghilangkan noda dan zat asing menggunakan kain basah.

Mencabut Konektor

Setiap kali melepaskan konektor, pastikan untuk mematikan sakelar kunci kendaraan dan sakelar pengisi daya (charger). Kalau tidak, ledakan karena berkedip dapat terjadi dari percikan api.

Mencabut Konektor

Jika Baterai Elektrolit Masuk ke Mata Anda

Jika Anda terkena cairan elektrolit pada bagian mata, cucilah wajah Anda dengan sejumlah besar air segar dan kemudian periksakan ke dokter mata. Kalau tidak, penglihatan Anda bisa rusak atau hilang.

Saat Memasang Baterai

Pekerjaan pemasangan baterai tidak boleh diizinkan oleh mereka yang tidak terbiasa dengan penanganan dan sifat baterai yang berbahaya. Kalau tidak, cedera pribadi atau kerusakan baterai dapat terjadi. Setiap kali menghubungkan kabel, Anda harus memastikan bahwa + dan – terhubung dengan benar. Kalau tidak, kerusakan atau kehabisan komponen elektronik dapat terjadi.

Saat Memasang Battery

Saat Mengisi Daya Baterai Forklift (Charging)

Pastikan untuk hanya menggunakan pengisi daya yang ditunjuk atau pengisi daya yang kompatibel dengan kapasitas dan tegangan baterai. Kalau tidak, pengisian tidak cukup, kebocoran elektrolit, atau pemanasan yang abnormal dapat terjadi. Mengubah tegangan pengisi daya tanpa persetujuan sebelumnya dari pembuat sangat dilarang. Baterai dapat diisi daya berlebih jika tegangan input menjadi lebih tinggi secara signifikan daripada voltase keran, yang mengakibatkan pemanasan atau kejenuhan yang tidak normal. Jangan mencoba mengisi baterai di ruang yang bersih atau di sekitar saluran udara masuk tempat udara segar dibutuhkan. Kalau tidak, korosi akibat kabut asam dapat terjadi. Jangan biarkan suhu elektrolit naik di atas 60 ° C saat mengisi daya. Jika tidak, kebocoran elektrolit atau cedera pribadi dapat terjadi. Perhatian khusus diperlukan pada titik ini selama musim panas atau siang hari.

Penanganan

Jangan izinkan anak-anak menyentuh baterai. Jika tidak, akan terjadi sengatan listrik, terbakar, atau hilang penglihatan karena asam sulfat encer dapat menyebabkan hal itu terjadi. Jangan mencoba meletakkan baterai ke api atau memanaskannya. Jika tidak, kebocoran elektrolit, asap, atau kerusakan baterai dapat terjadi.

Asam Sulfat Encer Digunakan sebagai Elektrolit

Asam sulfat encer digunakan untuk elektrolit baterai. Jika kulit, tubuh, atau pakaian Anda terkontaminasi oleh elektrolit, bilas dengan air dengan jumlah yang banyak dan kemudian bersihkan bagian yang terkontaminasi menggunakan sabun. Kalau tidak, luka bakar bisa terjadi. Ketika Anda secara tidak sengaja menelan elektrolit, segera kumur beberapa kali dengan air dan kemudian minum banyak air mineral atau susu. Kemudian konsultasikan dengan dokter sedini mungkin. Elektrolit yang tertelan dapat menyebabkan luka bakar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top